Fridaypreneurship (2) : Joe Kamdani

Dalam memilih karyawan beliau pilih kemampuan menjual. Dengan tools dan SOP karyawan menjual produk ke lapangan. Pada awal bisnis beliau tetapkan berdasar komisi bukan gaji, sehingga bisa dengan cepat berkembang bisnisnya. Untuk rekrut karyawan melalui seleksi yang adil, karena anaknya yang lulusan MBA Barkeley pun harus ikut tes dan magang, baru setelah 15 tahun beliau angkat jadi pimpinan. Dalam mengambil keuntungan beliau ambil margin 1-3 % untuk produk yg banyak kompetitor, kejar volume dan loyalitas pembeli. Dalam nego harga beliau lihat posisi, saat kuat bisa leluasa ambil porsi keuntungan besar sedangkan saat lemah seadanya, yang penting masih ada keuntungan
Mengenai suap & mark up di klien, beliau biasa kasih harga sesuai aktual, terserah klien mau diapakan barang, apa dijual lagi atau dipakai sendiri.
Ada mahasiswa anak pengusaha yang bertanya sebaiknya kuliah saja atau sambil berbisnis, beliau jawab sambil berbisnis supaya merasakan denyut bisnis dan tak hanya teori. Orang tua lebih menghargai anak yang ikut berkontribusi untuk kemajuan usahanya.
Beliau hobi jalan2, mancing dan menikmati makanan.
Alhamdulillah karena bertanya, dapat buku tulisan beliau "succeded in success". Bedah buku menyusul

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencairkan DPLK Simponi BNI

Cara Transfer Saldo Gopay Ke Grabpay

Redeem Pizza Gratis Pizza Domino