Mencairkan DPLK Simponi BNI

Untuk pensiun normal, berlaku ketentuan seperti di website www.Bni.co.id. Dan ketentuannya hampir sama dengan sebelumnya. Kecuali besaran yang bisa diambil utuh dan yang dibayar bertahap seperti uang pensiun.
Yang baru adalah ketentuan untuk pensiun dini, ternyata ada ketentuan umur. Jika usia sudah diatas 35 tahun, pokok dan bunga diberikan utuh ke nasabah, sedangkan jika umur di bawah 35 tahun hanya diberikan pokok iuran yang dibayarkan perusahaan, bunga diambil BNI.
Adapun kelengkapan yang harus dibawa :
1. Keterangan pensiun/resign dari tempat bekerja
2. Buku Simponi BNI
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi kartu keluarga
5. Fotokopi NPWP
6. Fotokopi halaman data nasabah di buku tabungan tempat penerimaan dana.
Jika salah satu tidak lengkap proses akan ditunda sampai lengkap.
Jika sudah lengkap pencairan dana makan waktu sekitar 3 minggu.

Komentar

  1. Terimakasih atas informasinya. Boleh tanya? Bapak kolektif atau pribadi simponi nya? Persyaratan 35 tahun itu berlaku umum? Karena dengar2 minimum 10 tahun sebelum masa pensiun resmi (55- 10 =45 tahun). Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kolektif Bu (yang dipotong otomatis dari kantor). berlaku umum yang penting ada keterangan keluar perusahaan.

      Hapus
  2. simponi kolektif Bu. Ketentuannya berubah2 Bu, sewaktu saya mencairkan batas usia minimum 35 tahun masih berlaku umum, yang penting sudah pegang keterangan surat keluar/resign dari perusahaan. maaf baru balas

    BalasHapus
  3. klo setor pribadi dan tidak melalui perusahaan bagaimana cara mencairkan di usia 35 atau kurang dari usia 35 tahun..
    prosesnya berapa lama dan bagaimana proses pencairannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehubungan dengan perubahan ketentuan yang dinamis terkait program DPLK ini, saran saya follow Twitter @BNI, nanti bisa langsung dikirimkan di form kirim pesan yang tersedia. Biasanya segera dibalas

      Hapus
  4. Maaf pak .. ijin bertanya ...
    kalau sdh lebih dr 3 minggu dananya belum cair bagaimana ya ? Atau memang ada aturan lain, cair di atas 3 minggu ??

    BalasHapus
  5. Silakan hubungi kembali customer service cabang BNI yang melayani penutupan, via telepon, atau datangi kembali dengan membawa bukti penutupan dan kartu identitas

    BalasHapus
  6. Silakan hubungi cabang BNI yang melayani pencairan/penutupan rek. DPLK Anda, via telepon atau datangi kembali dengan membawa bukti penutupan dan kartu identitas yang berlaku.

    BalasHapus
  7. Saya juga menutup kepesertaan saya di Simponi, waktu saya tanyakan ke CS, berapa lama pencairannya setelah saya tutup?, CS tersebut mengatakan 7 hari kerja. Dan sekarang sudah lebih dari 7 hari kerja, juga belum cair, padahal saya sangat membutuhkan dana tersebut. Apa yang harus saya lakukan agar dana tersebut cepat cair?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu aja mas,saya juga mengalaminya. CS bilang 7hr tapi sampai 2 minggu lebih belum keluar juga uangnya.

      Hapus
    2. Udah ada info mas,brapa lama kluar dana simponi

      Hapus
    3. Udah ada info mas,brapa lama kluar dana simponi

      Hapus
    4. sebaiknya ditanyakan terus melalui semua channel BNI, seperti customer service tempat kita mencairkan, direct message ke twitter BNI (https://twitter.com/bni) atau https://twitter.com/BNICustomerCare,email contact BNI(bnicall@bni.co.id), facebook, atau telpon ke 1500046 (sebaiknya pakai kuota XL Combo yang ada free telpon semua operator, karena kalau pakai pulsa akan sangat boros). Semoga segera ada hasil dan cair dana simponi anda.

      Hapus
    5. pengalaman saya, dana cair 3 minggu setelah pengajan ke BNI terdekat.

      Hapus
    6. Saya malah sudah lebih sebulan ngga cair cair danax

      Hapus
  8. Untuk setoran bulanan Simponi apakah 100% bebas pajak? Atau ada batasan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baca artikel http://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/simpananpensiun/bnisimponi.aspx
      paling bawah ada keterangan bahwa pajak dikenakan saat kepesertaan berakhir.
      Kebetulan waktu itu ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan setoran bulanan yang hampir sama. Ternyata hasilnya beda signifikan. karena BPJS returnnya rata2 diatas 10% per tahun, sedangkan DPLK Simponi sekitar 6-8%. sebaiknya ikut keduanya, karena ada porsi setoran dari perusahaan yang disertakan (dari 6,4%, 4% dari perusahaan, 2,4% potong gaji), yang tidak diperoleh jika tidak ikut BPJS atau DPLK.

      Hapus
  9. Saya jg sedang menunggu pencairan dana bnisimponi, dah berjalan 2minggu masig zonk aja atm nya, smoga ada pencerahan

    BalasHapus
  10. Sama ini gan.. Ane juga udah 2 minggu lebih barusan ngecek atm masih zonk juga

    BalasHapus
  11. Saya sudah hampir 3 minggu nih blm juga ada kabar

    BalasHapus
  12. sebaiknya ditanyakan terus melalui semua channel BNI, seperti customer service tempat kita mencairkan, direct message ke twitter BNI (https://twitter.com/bni) atau https://twitter.com/BNICustomerCare,email contact BNI(bnicall@bni.co.id), facebook, atau telpon ke 1500046 (sebaiknya pakai kuota XL Combo yang ada free telpon semua operator, karena kalau pakai pulsa akan sangat boros). Semoga segera ada hasil dan cair dana simponi anda

    BalasHapus
  13. aku kemaren malah di tolak sama cs bank bni saat mau mencairkan dana simponi nya, kata nya tidak bisa di ambil sebelum pensiun, padahal aku peserta perorangan, gimana ua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baca di ketentuan pencairan : jika 3 bulan berturut-turut tidak melakukan setoran, maka bisa dilakukan pencairan. Coba lihat di link artikel di atas

      Hapus
    2. Wajar sih bank berusaha dana tidak keluar dari mereka. Tapi kalau ketentuan nya membolehkan, kejar saja terus, sampai dapat. Toh itu uang yang menjadi hak anda. Bukan hak nya bank.

      Hapus
  14. Sy menutup rek simponi sejak tgl 27 maret 2017, berkas sdh lengkap diterima olehvoleh cs , tapi sudah 3 minggu blm ada kabar juga , folow twitter tdk pernah ada tanngapan ... Susah sekali proses pencairannya

    BalasHapus
  15. Sy menutup rek simponi sejak tgl 27 maret 2017, berkas sdh lengkap diterima olehvoleh cs , tapi sudah 3 minggu blm ada kabar juga , folow twitter tdk pernah ada tanngapan ... Susah sekali proses pencairannya

    BalasHapus
  16. Coba aja konfirmasi tlp lgs ke dplk nya.. barusan sy tlp lgs ternyata data yg sy kirim mll cabang bni yg di bumiputra pd tgl 14 maret 2017 blm diterima oleh pihak dplk.. takut nya data nya keselip seperti punya sy.. sudah 1 bulan lebih blm masuk ke rek.. barusan sy complain ke cs yg di bumiputra..gak tau jg tuh data sy keselip dmn.. mudah2an data sy ketemu.. parah nih bni..

    BalasHapus
  17. Coba aja konfirmasi tlp lgs ke dplk nya.. barusan sy tlp lgs ternyata data yg sy kirim mll cabang bni yg di bumiputra pd tgl 14 maret 2017 blm diterima oleh pihak dplk.. takut nya data nya keselip seperti punya sy.. sudah 1 bulan lebih blm masuk ke rek.. barusan sy complain ke cs yg di bumiputra..gak tau jg tuh data sy keselip dmn.. mudah2an data sy ketemu.. parah nih bni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sharing pengalamannya, mungkin teman2 yang mengalami kelambatan pencairan bisa mengecek ke BNI seperti yang dilakukan mba Sherly

      Hapus
  18. mbak sherly mohon dishare no kontak DPLK nya....


    Terimakasih

    BalasHapus
  19. saya menutup dplk bni di bni bolevard makassar tgl 19 mei 2017 sampai sekarang uangx belum masuk ke rekening saya. mohon penjelasan tks

    BalasHapus
  20. Salam pak,sy menutup dplk bni di tarakan kalimantan utara tgl 4 mei 2017sampai skarang uangx blm di transfer tpi ada sms dri bni katanya sdh di transfer , mohon penjelasanx pak..

    BalasHapus
  21. Salam pak,sy menutup dplk bni di tarakan kalimantan utara tgl 4 mei 2017sampai skarang uangx blm di transfer tpi ada sms dri bni katanya sdh di transfer , mohon penjelasanx pak..

    BalasHapus
  22. pak @nursalam lambu dan pak @iwan dolun, sebaiknya datang atau telpon ke customer service BNI tempat pengajuan pencairan DPLK untuk menanyakan kapan cair? kalau pengalaman saya, cair nya lebih cepat dari perkiraan yang mereka sampaikan. jangan lupa back up bukti permohonan pencairan DPLK untuk memudahkan pemeriksaan.

    BalasHapus
  23. Pak @Agussalim, saya mau bertanya, kebetulan saya tinggal di daerah tangerang, dan saya berencana akan mencairkan dana DPLK di umur 28th, jikalau saya submit datanya ke BNI pusat apakah akan di percepat? Kalau saya baca coment2 diatas sepertinya agak kompleks ya untuk mencairkan uang dan hak kita di BNI, mohon bantuanya..

    BalasHapus
  24. Pak saya mau tanya, sebelum lebaran kemarin saya mengajukan pencairan dplk bni yg akan diproses pada hari kerja setelah lebaran (tgl 3 juli)
    Untuk menanyakan ke dplk bni,nomor telepon yg dituju berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sebaiknya email ke bnicall@bni.co.id
      untuk telpon bisa ke 1500046, tapi biasanya tarif pulsanya mahal, diatas 2000/menit. sekali telpon mungkin perlu 10 menit

      Hapus
  25. Selamat pagi Pak... saya sudah mengajukan pencairan BNI Simponi dari tgl 3 Oktober 2017, tapi sampai sekarang belum cair juga, mohon dibantu, dana tersebut rencana buat bantu orang tua menjalani operasi.. sangat urgent

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan saya bukan pegawai BNI pak. sebaiknya datangi kembali kalau sudah 1 bulan lebih belum cair. jika tidak sempat telpon ke BNI tempat mengurus dan minta dihubungkan ke customer service yang melayani pencairan BNI Simponi.

      Hapus
  26. Kalau DPLK pribadi bisa ditutup gak?...karena udh dipisahkan DPLK pribadi sama DPLK dari perusahaan.tapi saya masih kerja,apakah yg DPLK pribadi y bisa saya ambil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu kalau DPLK pribadi bisa diambil semua sebelum pensiun. Yang saya tahu DPLK bisa diambil 3x setahun, masing-masing 10%

      Hapus
  27. Susahnya, mau ambil uang sendiri kok ribet bener urusannya, memang kita hrus terus menerus nanya ke banknya, klo gak bakal ga dijalanin proses pencairannya

    BalasHapus
  28. Ga juga. Seharusnya begitu kita ajukan, pencairan nya sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Kalau sudah berkali-kali dihubungi tetap tidak jelas, kasih tahu aja keluhan akan dikirim ke surat pembaca koran ternama. 😀

    BalasHapus
  29. Sekedar sharing..saya mengajukan pencairan BNI simponi karena telah mengundurkan diri dari tpt sy bekerja setelah 3 minggu belum ada kabar, saya telp cs BNI dan menurut beliau status rek BNI simponi sy sudah ditutup dan proses selanjutnya adalah mentransfer total saldo ke perusahaan saya(ini terjadi karena jika kita daftar simponi lewat perushaan, maka akan ada PKS atau perjanjian kerjasama msg2 perushan dengan pihak BNI) kebetulan di perushaan tpt sy bekerja PKS ny seperti itu..jadi semua saldo di transfer ke perusahaan nanti dari perusahaan dtatansfer ke rekening saya sebesar presentase yang telah ditetapkan( presentase ini berlaku karena alasan PHK tidak mencapai usia Pensiun) saat ini sy masih menunggu konfirmasi dari perusahaan....semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih update informasinya. semoga menjawab pertanyaan yang sama

      Hapus
  30. Saya mengajukan penutupan dplk udh satu bulan lebih belum cair jg,,,susah y dplk bni

    BalasHapus
  31. Susah banget yaa dplk bni ini.. Di telpon ga diangkat2.. Giliran diangkat suruh ninggalin no hp karena mau dicari2 dulu berkasnya... Ga profesional banget gitu yaaa...

    BalasHapus
  32. kasih komplain ke twitter nya BNI, baik lewat direct message (DM) maupun di halaman depannya nya-akan kelihatan kecepatan respon dari mereka. Kalau ada data rahasia, sebaiknya melalui DM saja.

    BalasHapus
  33. saya juga mencairkan dari tanggal 29 januari 2018 sampe hari ini blm cair, sdh nanya di CS tempat penutupan katanya suruh nunggu...duuuh bener deh ambil uang sendiri kayak mau ngutang ajah ya,,,semoga segera cair..aamiin

    BalasHapus
  34. alkhamdulillah dg drama menelpon yang ga nyambung ga diangkat akhirnya cair juga BNI SIMFONI nya, kalo ada yang kesulitan infio bisa telp no 0215729091 pengalaman saya setelah telp hari berikutnya langsung cair, walaupun sdh nunggu hampir sebulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah. Terimakasih tambahan informasi nya.

      Hapus
    2. Dana yang cair Termasuk pengembangan nya ya, mohon info

      Hapus
  35. selamat siang
    mau tanya kalau mau mencairkan dana tabungan simphoni itu biasanya konfirmasi kekntor lama ga sih ya? krn saya mau mencairkan tp saya ngeri kalau dikonfirmasi kkntor lama??
    mohon infonya
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepat saja, tak sampai sebulan. sebagai salah satu prasyarat pencairan ini adalah surat keterangan keluar/resign.

      Hapus
  36. Selamat siang...
    saya bekerja disalah satu perusahaan milik negara (BUMN) dan saya ikut kepesertaan DPLK simponi, pada bagian sampul belakang Buku Tabungan BNI Simponi tertulis pada Huruf E "...peserta dapat melakukan penarikan setinggi-tingginya 10% dari akumulasi iuran...
    Tapi ketika saya datang ke Kantor BNI (CS) ternyata dana saya tidak bisa dicairkan walau hanya 10%, kenapa ya? padahal masa kepesertaan saya sudah 5 tahun lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pengalaman saya dulu bisa. Coba hubungi twitter @BNICustomercare, kemungkinan besar mereka bisa memberi jawaban yang memuaskan dan lebih up to date. jangan lupa share ya kalau sudah dapat penjelasan :)

      Hapus
  37. Pake surat kuasa gak ya, kalo pake isinya gimana, saya jg mw nyairin nih

    BalasHapus
  38. Kalau sekarang peraturan nya gimana ya..?
    Apakah umur 30 bisa mencairkan bni simponi..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kepesertaan kurang dari 3 tahun dan tidak bayar iuran otomatis dianggap berhenti dan bisa mencairkan bni simponi

      Hapus
    2. Walaupun usia blm mencapai 30tahun?

      Hapus
  39. Sy sedang menunggu proses penutupan simponi perusahaan saya dr tgl 16 mei 18. Sampai skg blm cair... sbnrnya sy butuh urgent . Semoga hari ini insyaallah cair

    BalasHapus
  40. Lw umur 23 dpet ngambil dplk ga

    BalasHapus
  41. sy melakukan pencairan BNI simponi sejak tgl 17 April 2018, dari pihak BNI katanya kurang lebih 1 bulan waktu pencairan.. tapi sampai saat ini 13 JULI 2018, bni simponi sy BELUM CAIR. setiap k kantor BNI terdekat untuk nanya msalah ini, jawabannya cmn Menunggu, tanpa ada kepastian, tolong donk... udah hampir 3 bulan belum caiiiirrr... petugas BNI simponi ngapain aja yaaah ???? ko smpe 3 bulan ga cair2, hak org.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon infonya. Untuk jangka waktu pencairan BNI simponi memakan waktu brpa lama yah??
      Soalnya setip kali ke Bank disuruh bersabar.

      Hapus
  42. Baru pengajuan pencairab DPLK, semoga ja benar yang dijanjikan CS nya kurleb 1 bln dana dah masuk ke rek...Aamiin
    Ngeri juga baca share2 nya..kok kayak dipersulit gitu ya ambil uang sendiri

    BalasHapus
  43. prinsipnya itu uang nasabah, seharusnya tidak dipersulit. semoga segera cair.

    BalasHapus
  44. Ia saya juga sudah satu bulan lebih belum cair apakah uang nya akan kembali gak ya mohon pencerahan ny

    BalasHapus
  45. ikut berbagi pengalaman. saya pensiun dini, bekerja dari oktober 2014 resign juni 2018, perusahaan tempat saya bekerja (OS PLN)membayarkan iurannya tidak tertib perbulan, baru dibayarkan 2017 dengan pembayaran acak (gelondongan) 2018 baru saya liat pembayarannya tertib setoran tiap bulan 360.000,total dana yg saya dapat cuma 12 jt-an(waktu saya klaim 05/06/18) saya nunggu 2 bulan setelah klaim ( harusnya 14 hari kerja prosesnya 3 mingguan) ternyata kendalanya karena dana belum dibayar full sama perusahaan saya, jd mungkin kalau ada yg lebih dari 14 hari kerja kasusnya sama kaya saya. setelah dana dibayarkan full oleh perusahaan 8/08/18 barulah ada dana masuk tgl 15/08/18. total yg saya dapat di bni simphoni jadi ada 15.100.000 + bunga 600.000 (pasti diambil bni, karena pensiun dini) dana yg masuk ke rek saya cuma 14jt mungkin 1 jt pajak (gede juga ya)

    BalasHapus
  46. Saya jg bang Muhamad Hamdan dipotong 600.000

    BalasHapus
  47. kesimpulanya simponi bisa dicairkan dengan waktu kurang lebih 1 bulan yaaa ????? Ngeri juga kalau tidak ada kepastian begini ??? yang saya heran waktu pembukaan simponi saya tahunya ya itu antara nasabah dengan BNI, setelah ada claim seolah2 nasabah dengan pihak 3....

    BalasHapus
    Balasan
    1. DPLK BNI adalah produk BNI, tapi tidak bisa langsung cair seperti tabungan. karena berkas penutupan dikirim ke kantor Besar Unit DPLK, baru diproses dan dikirimkan ke rekening nasabah.

      Hapus
    2. Mas ... Saat ini sy posisi di makassar dan apakah sy bisa langsung pengurusan ke pusat di sudirman tanpa melalui cabang terdekat

      Hapus
  48. Saya mengajukan pencairan pada tgl 31 juli 2018 hingga saat ini belum cair juga, katanya nunggu sebulan. Masa nasabah di PHPin ya

    BalasHapus
  49. Saya sudah mengurus pencairan dana simponi dr tgl 20 juli 2018 smpe skrg blum juga masuk dn cair dana nya... Klau bisa jngan smpe menunggu dr 2 bulan

    BalasHapus
  50. Saya sudah mengurus pencairan dana simponi dr tgl 20 juli 2018 smpe skrg blum juga masuk dn cair dana nya... Klau bisa jngan smpe menunggu dr 2 bulan

    BalasHapus
  51. Saya sudah 1 bulan gak cair dananya sudah tlp dan sudah datang k kantor bni..jawabanya tunggu dan tunggu tanpa ad kejelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus follow up pak/bu, mungkin beberapa tahun ini banyak yang menutup DPLK nya sehingga agak lama pencairannya, karena waktu saya tutup 3 tahun lalu masih lancar dan cepat (3 minggu).

      Hapus
  52. Maaf mau nanya,bisakah tabungan simponi di ambil tetapi kita masih bekerja...

    BalasHapus
  53. kalau dulu bisa, untuk sekarang (berdasar https://www.bni.co.id/id-id/personal/simpananpensiun/bnisimponi) coba ditanyakan call center atau customer service BNI terdekat, karena tidak secara eksplisit bisa tidaknya diambil saat kita masih bekerja.

    BalasHapus
  54. Apakah ada pinalty untuk dibawah umur 30tahun?

    BalasHapus
  55. Ada simulasinya
    1. lebih baik nabung di SIMPONI atau deposito:
    2. Pencairan SIMPONI, dengan asumsi pensiun normal, asumsi dana di tab SIMPONI diatas rp.500 JT an, berapa yg akan saya terima pada saat pencairannya apakah sama dengan saldo di SIMPONI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.imbal hasilnya sedikit lebih tinggi SIMPONI, tapi pencairannya lebih fleksibel deposito (cair semua).
      2.di atas 500 jt pencairannya bertahap seperti orang menerima gaji pensiun, tapi berasal uang simpanan sendiri,bukan subsidi pemerintah seperti uang pensiun PNS.

      Hapus
  56. Izin bertanya.saya ingin mencairkan dplk diusia saya yg belum 30th dan sudah ikut kepesertaan selama 5 tahun karena resign dan butuh modal untuk usaha. Apakah bisa pak?

    BalasHapus
  57. Mohon infonya jika domisili makassar apakah bisa langsung ke DPLK BNI pusat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saya daftar di BNI Banjarmasin, pencairan di BNI Bandung

      Hapus
  58. Saya mau menutup tabungan simponi perorangan saya, tetapi bukan karena putus kerja, tetapi lebih ada prioritas lain yang harus dibayar. Apakah bisa, Karena kan tidak ada surat resign dari kantor? Lalu saya harus kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya boleh diambil kalau resign atau pensiun dipercepat pak/bu. kalau belum pensiun/resign/pensiun dipercepat, hanya boleh diambil sebagian. datangi customer service BNI dan sampaikan maksud untuk ambil sebagian simponi BNI

      Hapus
  59. Saya mau tanya..saya nasabah BNI SIMPONI..jangka waktu yg saya ambil 10tahun..sekarang sudah berjalan sktr 6 tahun.. apakh dana itu bisa saya cairkan sblm jangka wktu 10 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Ketentuan selengkapnya ada di https://dplk.bni.co.id/tata-cara-pencairan-peserta-individu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Transfer Saldo Gopay Ke Grabpay

Redeem Pizza Gratis Pizza Domino