Branding Di Youtube

Beberapa catatan dari training google gapura : branding di Youtube kemarin, 29 April 2018 di gedung eduplex jl HR Juanda (jalan Dago) Bandung :

  • contoh kekuatan branding adalah Apple, meski hanya menguasai 14% pasar gadget dunia, tapi keuntungannya 74% keuntungan penjualan gadget dunia.
  • perubahan penguasa dunia dari fisik ke elektronik bisa dilihat misalnya : yelowpages->google, banner->facebook, TV->Youtube
  • Indonesia negara yang 90% berorientasi ke seluler, rerata membuka handphone 150x/hari, do tahun 2020 ada 140 juta pengguna.
  • tahun 2025 bonus demografi akan dirasakan Indonesia, dimana anak alay zaman now akan memasuki dunia kerja dan mereka adalah populasi terbesar di Indonesia yang kemungkinan akan menunda menikah dll karena persaingan dan kesibukan kerja dll, sehingga yang laku kemungkinan dokter untuk penyakit orang tua, bukan dokter anak.
  • untuk dunia usaha perlu SCALE UP! tingkatkan dan kembangkan agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
  • Ada 8 milyar tontonan di Youtube, yang ditonton oleh kaum menengah (penghasilan bersih >2 juta rupiah/bulan)
  • di youtube dikenal queries dan keyword. queries = frase yang dituliksan di mesin pencari, keyword = kata kunci
  • dalam beriklan di youtube tentukan : tujuan/target apa?, lokasi dimana orang mengakses?, bagaimana cara orang agar mau menonton?. Bikin saja video yang unik & lucu, edukasi, inspirasi. Tidak perlu bagus dan canggih, sesuai kemampuan saja. contoh video jelek/sederhana tapi menghasilkan omset yang besar ( 1 kontainer ikan asin perbulan dari Tuban ke Batam) https://youtu.be/3uhaOhHjebE
  • format konten yang dapat diprediksi mendorong tingkat subscriber yang tinggi pula di youtube : khas, dapat dibagi, dapar diulang. menjadi viral itu dapat diciptakan.
  • hati-hati dengan apa yang ditonton berulang-ulang di youtube, karena itu sama dengan memasukkan ke alam bawah sadar
  • tools sederhana dalam mencari kata kunci populer saat ini :https://www.textalyzer.xyz/test
  • untuk mengenalkan suatu produk ke pasar ada 2 kondisi : panas yaitu suatu kondisi pasar sudah mengenal produk kita, bisa digenjot penjualannya dengan diskon, dingin yaitu kondisi pasar belum mengenal produk kita bisa dikenalkan dulu dengan story telling.
  • kepedulian pasar terhadap suatu produk ada 4 kondisi :-unaware, tak peduli dan sadar,-problem aware=sudah tahu masalahnya, -solution aware: sudah tahu masalah dan solusinya, tapi belum tahu kemana dia belajar, -most aware: sudah tahu, contoh apple, mereka menjual tanpa harus menunjukkan harga diiklannya karena pasar menantikan produk mereka.
  • di youtube dikenal channel, playlist, video. channel adalah nama saluran video, playlist adalah daftar video. Dengan membuat playlist video populer dan memasukkan video kita, besar kemungkinan orang lain secara tidak sadar akan ikut ditonton. ini adalah salah satu cara meningkatkan jumlah kunjungan ke channel youtube kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencairkan DPLK Simponi BNI

Cara Transfer Saldo Gopay Ke Grabpay

Redeem Pizza Gratis Pizza Domino